Senin, 10 Agustus 2009

Pasien Mengeluh, Petugas Puskesmas Tak Ramah


Senin, 10 Agustus 2009 | KOMPAS.COM

GRESIK, KOMPAS.com - Antrean yang terlalu lama di loket Puskesmas di Gresik banyak dikeluhkan masyarakat. Selain itu masyarakat juga mengeluhkan tidak adanya dokter jaga di Puskesmas dan pelayanan tidak tepat waktu. Ketidakramahan petugas Puskemas dan minimnya penjelasan soal diagnosa pasien juga dikeluhkan.

Hal itu terungkap dari hasil survei Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara didukung Pemerintah Federasi Jerman melalui Gesellschaft feur Technische Zusammenarbeit (GTZ) dengan Pemerintah Kabupaten Gresik. Tim surveyor telah melaksanakan survei k epada 2.246 orang pasien di Puskesmas Sukomulyo dan Puskesmas Duduksampeyan. Dari dua Puskesmas itu tercatat 9.744 pengaduan yang dikelompokkkan dalam 55 jenis keluhan.

Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Gresik, Malahatul Fardah, Senin (10/8) menjelaskan, survei dilaksanakan sejak Selasa (28/7) hingga Selasa (11/8). Kegiatan survey itu merupakan bagian program dari Tahun Peningkatan Pelayanan Publik 200 9 yang dicanangkan Bupati Gresik.

Dari 1.157 pasien Puskesmas Sukomulyo yang disurvei tercatat 3.748 pengaduan yang dikelompokkan menjadi 24 macam jenis keluhan. Sedangkan di Puskesmas Duduksampeyan ada 1.089 orang pasien yang jadi responden dengan 5.996 pengaduan yang dikelompokkan menj adi 31 jenis.

"Dari survei tersebut kami mendapat pengaduan. Survei yang kami lakukan merupakan satu tahapan penerapan manual praktis peningkatan pelayanan publik berbasis partisipasi masyarakat. Output dari program ini yaitu janji layanan dan rekomendasi perbaikan," papar Fardah.

Berdasarkan hasil survei, sebagian besar pasien Puskesmas di Gresik mengeluhkan antrean pendaftaran di loket yang terlalu lama. Selain mengeluhkan lamanya antrean, banyak pasien perempuan menginginkan adanya dokter Spesialis kandungan dan anak. Selama sem inggu, tim Surveyor yang beranggotakan tokoh masyarakat, lembaga swadaya masyarakat dan Dinas Kesehatan Gresik langsung turun ke kerumunan pasien di Puskesmas Duduksampeyan dan Puskesmas Sukomulyo. Pasien Puskesmas juga mengeluhkan tentang dokter jaga ya ng tidak ada, serta jam layanan yang tidak tepat waktu. "Loket seringkali belum buka, padahal pasien sudah banyak yang antre," ujar Aris, salah seorang pasien, Selasa (10/8).

Secara khusus, di Puskesmas Sukomulyo, yang terletak di Kompleks Perumahan Gresik Kota Baru (GKB) pasien banyak mengeluhkan petugas Puskesmas kurang ramah dan minimnya penjelasan diagnosa terhadap pasien. Diantara pasien di Puskesmas ini menyatakan petuga s obat kurang cepat melayani pasien dan obat yang diterima kurang manjur.

Pasien di Puskesmas Duduksampeyan kebanyakan mengeluhkan fasilitas umum di Puskesmas tersebut kurang memadai. Seorang pasien M Zainuddin menyatakan pada hari Senin sulit memarkir kendaraan, sehingga dirinya menunggu istrinya yang berobat di tepi jalan. M"estinya Puskesmas menyediakan tempat parkir yang lebih luas karena letaknya di tepi jalan raya," ujar Zainuddin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar